APAKAH NASIONALISME ITU HANYA ADA KETIKA MENONTON BOLA?


“Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris "nation") dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.( Wikipedia)”

             Republik Indonesia terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945, dengan penghuninya yang disebut bangsa Indonesia, persoalan ternyata belum selesai. Bangsa Indonesia masih harus berjuang dalam perang kemerdekaan antara tahun 1945-1949, tatkala penjajah menginginkan kembali jajahannya. Nasionalisme kita saat itu betul-betul diuji. Selanjutnya nasionalisme itu  terus berkembang seiring waktu. Dengan adanya rasa nasionalisme maka terbentuklah kata “ kebangkitan nasional”
Nasionalisme yang sudah lama di bentuk dan di pertahankan , kini nampak mulai menghilang seperti yang sudah dilihat dengan mata  kemudian kita dengar .Dahulu kata – kata nasionalisme ini adalah virus penyemangat dan pemersatu bangsa maka dengan nasionalisme itu maka tidak akan ada perpecahan dan jika nasionalisme itu terus di tanamkan kepada generasi muda akan ada banyak hasil positif yang akan diperoleh bangsa ini.
            Pada tahun 1998 terjadi reformasi besar – besaran yang memporak porandakan pemerintahan ini, pada masa itupun terjadi krisis perpajangan dan kemudian tidak sedikit dari orang mengatakan disitulah kemerosotan di tengah globalisasi yang mencekik rasa nasionalisme.
            Lunturnya nasionalisme di tengah globalisasi inilah yang terus akan dihadapi, reformasi yang di gadang gadang sebagai kebangkitan toh hanya cerita belaka. Timor – timor , ambalat yang hilang apakah ini termasuk kebangkitan nasional.?
            Apakah nasionalisme itu hanya ada ketika kita menonton bola , di sablon baju atau hanya ada di buku pelajaran mungkin tidak.
Sebagai pemuda – pemudi generasi penerus bangsa sekarang bukan zaman berperang dengan senjata mengusir penjajah.

            Mari kibarkan bendera merah putih setinggi – tingginya
            Belilah produk indonesia
           

Komentar

Posting Komentar