OBYEK WISATA DI MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA

# 01 Bagas Godang

Huta Godang, Mandailing Natal

Bagas Godang ini terdapat di Huta Godang Kecamatan Ulu Pungkut, Mandailing Natal Sumatera Utara. berbatasan dengan kotanopan, Muara sipongi, dan Pakantan

Peta Kecamatan Ulu Pungkut


 




Bagas godang ini merupakan salah satu rumah tua yang masih tersisa dan asli. Anda bisa menikmati alam yang indah selama perjalanan ke sana dengan hamparan padi dan alam yang masih asri.




# 02 Pasar Kotanopan

Kotanopan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Indonesia.
Bentuk geografis wilayah ini berbukit-bukit, dilalui pegunungan Bukit Barisan dari utara ke selatan. Selain itu terdapat pula Sungai Batang Gadis yang melewati daerah kecamatan ini. Sungai Batang Gadis ini dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk pengairan, pencarian batu kali, pasir ,pendulangan emas dan yang cukup unik, yaitu membuat "lubuk larangan".

Lahan pertanian, terutama pertanian padi menjadi andalan daerah ini, perkebunan karet dan coklat juga cukup luas di daerah ini, khususnya di wilayah Kotanopan. Selain itu terdapat pula perkebunan kulit manis (kayu manis) dan tembakau di daerah Simandolam. Keunikan lainnya adalah becak di daerah Kotanopan adalah Vespa, Salah satu Tempat yang masih mempertahankan Vespa sebagai angkutan umum seperti sidempuan.






 


 Anda bisa makan masakan khas Mandailing Natal seperti Sambal tuk-tuk, Bulung gadung Naiduda, terletak di Daerah Laru, sekitar 1o menit dari Kotanopan



# 03 Sibanggor

Sibanggor Julu merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Puncak Sorik Merapi, kabupaten Mandailing Natal, provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Berada di perbukitan tinggi dan di kelilingi oleh hutan yang masih asri.Terdapat berbagai obyek wisata seperti Pemandian Air Panas, dan Rumah Ijuk ( Bagas Ijuk )








#04 Pesantren Purba Baru atau

Pondok Pesantren Musthafawiyah

Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru merupakan salah satu pondok pesantren yang terletak di kabupaten Mandailing Natal dan berlokasi di desa Purba Baru, Lembah Sorik Merapi, Mandailing Natal. Merupakan salah satu pesantren tertua di pulau Sumatera dengan usia sekitar 1 abad dan telah banyak mencetak ulama di Indonesia. Ponpes Musthafawiyah yang berdiri pada 12 November 1912 yang berlokasi di kawasan jalan lintas Medan Padang, Desa Purba Baru.
gubuk-gubuk Sederhana yang sekaligus menjadi tempat tinggal Pokir ( pesantren laki )
 menjadi tempat unik untuk di kunjungi di Mandailing Natal.









BERITA TERKAIT MANDAILING NATAL

Asal Usul Nama Mandailing
OBYEK WISATA DI MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA
Mandailing Natal ( BATAK MANDAILING )


#Mandailing  #Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru
#Sibanggor #kotanopan
#Huta Godang #Ulu Pungkut

Komentar